Home » , » Langkah Cara Memasang 2, 4, 6 LNB Dalam 1 Parabola/Dish yang Benar

Langkah Cara Memasang 2, 4, 6 LNB Dalam 1 Parabola/Dish yang Benar

Antena parabola adalah alat untuk menangkap frekuensi siaran televisi berbayar maupun Non berbayar yang dibantu alat penerima receiver. Antena parabola banyak dijual di toko-toko terdekat, seiring berjalannya waktu harga antena parabola sekarang sangat terjangkau untuk masyarakat kita, dan hampir di tiap-tiap daerah di penjuru tanah air banyak di jumpai toko-toko yang menjual antena ini dengan harga yang murah. Dahulu sekitar era tahun 90an antena ini harganya bisa sampai 5 juta lebih beserta ongkos kirim dan pasangnya.Namun untuk sekarang harga antena parabola biasa ukuran 8 Feet-12 Feet ada yang sekitar Rp 400.000,- sampai sekitar 900.000 di tambah receiver sekitar Rp 175.000 sampai sekitar 300.000an tergantung merk masing-masing. Namun menurut kami fungsi sama dan kualitas tidak jauh-jauh beda. Dahulu Parabola termasuk barang mewah namun sekarang hampir tiap rumah di daerah-daerah tertentu punya. Biasanya televisi yang menggunakan antena parabola biasanya berlokasi di wilayah-wilayah tertentu yang notabene agak jauh dari pemancar UHF maupun VHF atau mungkin karena si pemilik televisi ingin lebih praktis sehingga menggunakan antena parabola.
Kita bisa menonton chanel siaran olahraga, sepak bola ataupun film serta berita dengan gratis meskipun banyak chanel siaran yang berbayar muncul di chanel televisi kita berupa acakan/gelap gulita bisa menjadi clink/jelas tanpa diacak. Syaratnya adalah kita menggunakan Kode Biss Key. Silahkan baca postingan saya
pengertian apa itu biss key.
 
Bagi anda yang ingin berkreasi memasang antena parabola dengan benar bisa baca trik/cara berikut ini.
Yang kami lansir dari Forum Satelit Riau, semoga berguna untuk kita semua.
Panduan lengkap trik/cara langkah-langkah memasang 2, 4, 6 LNB Dalam 1 Parabola/Dish yang Benar:
Foto Antena parabola menggunakan 6 LNB
 antena parabola 6 LNB

Kita langsung saja, Disini kami akan menulis artikel tentang Cara memasang 2 lnb, 4 lnb, bahkan sampai 6 lnb, dalam 1 dish/parabola. Tetapi disini kami hanya akan memberi contoh pemasangan 6 lnb dalam 1 dish/parabola berukuran 7,3 feet beserta pengaturan DisEqC nya.

Langkah pertama kita harus merakit piringan/dudukan LNB dan mengatur jarak antar LNB nya.

Lihat gambar di bawah ini.
 Gambar LNB Parabol hasil modifikasi
gambar LNB Parabol hasil modifikasi


Dengan melihat gambar di atas, sudah dapat kita ketahui jarak antar LNB nya, tetapi untuk yang dempet masih perlu di modif/di belah salah satu LNB nya supaya lnb bagian atas bisa dempet, mengingat dishnya hanya berukuran 7,3 feet, (untuk dish berukuran 8 feet ke atas tidak perlu di modif).

Mengenai perakitan, sebenarnya banyak cara, Tetapi kalau pakai cara saya, saya menggunakan piringan 4 LNB yang sudah saya rubah lubangnya lalu saya sambung dgn piringan 2 LNB sehingga dapat di pasang 6 LNB seperti gambar di atas.

Nah, mengenai pemasangan switc kabel dapat anda lihat gambar di bawah ini.
 

Dgn melihat gambar di atas, sudah dapat kita ketahui penempatan DisEqC nya pada receiver yaitu:

LNB 1-22k-off diseqC-port4
LNB 2-22k-off diseqC-port3
LNB 3-22k-off diseqC-port2
LNB 4-22k-on diseqC-port2
LNB 5-22k-off diseqC-port1
LNB 6-22k-on diseqC-port1

Nama satelit pd tiap-tiap LNB:

LNB 1-satelit chinasat 6A
LNB 2-satelit chinasat 6B
LNB 3-satelit palapa C2
LNB 4-satelit telkom 1
LNB 5-satelit asiasat 3S
LNB 6-satelit asiasat 5

Tips:
Perakitan ini harus menggunakan receiver dgn DisEqC 1,2.
Karena saya pernah mencoba menggunakan receiver dgn DisEqC 1.1 hanya dapat menangkap 4 satelit, Jadi jika anda ingin mencoba trik ini, sebaiknya anda lihat dulu DisEqC pada receiver anda, apakah DisEqC 1,2 atau 1,1 biasanya tertulis di bagian depan receiver.

Dibawah ini gambar hasil channel yang saya dapat dari 6 LNB.
 

6 channel di bagian atas adalah berasal dari 6 LNB yang berbeda.

Selamat Mencoba.
source: Forum Satelit Riau

Blog Archive